Tips Lolos Wawancara Kerja

Tips Lolos Wawancara Kerja

Tips Lolos Wawancara Kerja - Orang katakan mencari kerja jaman saat ini sulit. Miliki bekal ijazah sarjana bukanlah jaminan orang akan berhasil di terima kerja di perusahaan yang dikehendaki. 

Bahkan juga perusahaan sekelas Google tidak ambillah pusing masalah ijazah serta kampus pegawainya. Lantas apa yang lebih perlu? Interview dengan kata lain wawancara kerja. 

Dalam interview kerja, seorang dapat dinilai kepribadiannya. Itu yang lebih dibutuhkan daripada ijazah serta sertifikat bertumpuk-tumpuk. 

Soalnya, nilai tinggi dalam ijazah tidak senantiasa bermakna orang yang memegang ijazah itu berkwalitas. Atau orang itu memanglah berkwalitas, namun kepribadiannya dipandang tidak pas dengan budaya perusahaan. 

Maka dari itu, interview kerja seringkali dipandang jadi kawah candradimuka dengan kata lain ujian paling berat. Sekali salah omong, segera byar. Tidak dapat dihapus atau dicoret lantas direvisi. Lain dengan tes tertulis. 

Namun tenang, buat yang sekali lagi bersiap melamar kerja atau menunggu panggilan, di bawah ini ada trick agar lolos interview kerja. Memanglah bukan panduan tentu lolos, namun paling tidak anda akan lebih siap dalam interview kerja. 

1. Selidiki kantor 

hadapi interview kerja 
Di panggil interview kerja ya mesti tahu terang alamatnya dong, tidak ingin terlambat datang kan? (Gedung Kantor/Ipapa) 
Awal, bekali diri dengan pengetahuan masalah kantor yang dituju. Alamatnya, terang tentu. Masak, ingin interview tidak tahu alamatnya. 

Yang penting juga yaitu bagaimana budaya perusahaan itu. Apakah berkesan resmi atau informal. Ini dapat diliat dari ketentuan kenakan pakaian karyawannya juga type usahanya. 

Bila bank, terang resmi. Bila perusahaan media, periklanan, atau semacamnya, lebih informal. Dengan tahu budayanya, kita dapat mempersiapkan baju sekalian sikap yang harus di ambil dalam interview. 

Kita dapat menyelidiki kantor dengan buka situsnya. Dapat juga stalking akun media sosialnya. 

2. Kenali tempat yang dilamar 

Ada orang yang asal masukin lamaran, tak tahu memahami tak tahu tidak tempat yang dilamar. Demikian interview, tidak ngerti saat di tanya-tanya masalah pekerjaan tempat itu. 

Kita janganlah seperti mereka. Mengerti tempat yang kita lamar dengan baik. Umpamanya melamar jadi akun executive, bermakna tahu tugasnya mencari client serta melindungi hubungan baik. 

hadapi interview kerja 
Yakinkan anda memahami tempat yang anda lamar, tekuni dengan sebaik-baiknya, janganlah malas hehehe (Pegawai Wanita/Femina) 
3. Sediakan pertanyaan serta jawaban 

Dalam tiap-tiap interview, ada pertanyaan-pertanyaan umum. Umpamanya apa kemampuan serta kekurangan kita, mengapa tertarik melamar ke kantor itu, apa yang dapat kita beri buat kantor, serta argumen resign bila terlebih dulu telah sempat kerja. 

Sediakan jawaban untuk pertanyaan itu dari tempat tinggal. Sediakan juga pertanyaan yang mungkin saja dapat kita kemukakan, seperti pelajari tahap karir, cara penilaian prestasi, serta sudah pasti sarana tunjangan buat karyawan.  

4. Pas waktu 

Daripada telat, mending lama nunggu. Ini prinsip yang harus dipegang setiap orang, terlebih cocok datang interview. Bila telat, kita juga akan dilihat tidak disiplin. 

Karenanya, sediakan diri untuk semua peluang, umpamanya kendaraan mogok atau jalan macet. Walau jarak dari tempat tinggal cuma 5 kilo, berangkatlah paling tidak 2 jam dari saat interview. Bawa buku buat baca-baca sembari nunggu interview. 

5. Kesan awal yaitu segalanya 

Waktu berjumpa, jabat tangan pewawancara dengan erat serta tersenyum. Berpakaianlah sesuai sama budaya perusahaan. Kesan awal waktu berjumpa begitu bertindak dalam sistem setelah itu. 

hadapi interview kerja 
Kesan awal demikian menggoda, setelah itu terserah anda deh hehehe (Interview Kerja/Hipwee) 
Bila kita merengut, gugup, atau jadi tidak tahu ingin ngapain, pewawancara akan kebawa. Hidupkan situasi dengan adanya banyak senyum serta menjawab dengan tegas tetapi santai. 

6. Cermati sikap badan 

Waktu interview, tempat badan dalam kondisi tegak. Mata lurus ke depan, tatap mata pewawancara dengan percaya. Simpan tangan diatas meja. Waktu pewawancara bicara, dengarkan dengan baik. 

Sikap badan ini akan dilihat baik serta pancarkan keyakinan diri. Bila diwawancara jadi umumnya nunduk atau tangan tidak sadar memainkan pulpen, rambut, atau apapun, pewawancara mungkin saja kehilangan mood. 

7. Matikan gawai 

Handphone, tablet, atau apapun gagdet yang dibawa baiknya dimatikan waktu interview. Lucu kan bila sekali lagi seru-serunya kita menerangkan keunggulan, eh, tahu-tahu ada bunyi ringtone. 

Di buat getar saja juga baiknya dijauhi. Terlebih ditempatkan diatas meja. Kelak bunyi drrr…drrr.. drrr… Kita ataupun si pewawancara dapat hilang konsentrasi. 

hadapi interview kerja 
Gadget harus dimatiin ringtone-nya bila anda tidak ingin interview kerja jadi buyar (Karyawan Memegang Gadget/Idntimes) 
Tersebut 7 trick agar lolos interview kerja. Untuk diingat, dalam wawancara kerja, tidak cuma HRD perusahaan yang lakukan seleksi. 

Kita juga dapat lihat prospek kantor itu untuk memastikan langkah setelah itu. Bila lihat perusahaan tidak pas, umpamanya upahnya dibawah harapan atau pelajari tahap karier tidak terang, kita dapat saja menampiknya. 

Tetapi jadi pihak yang diundang wawancara kita harus tidak lupa mengatakan terima kasih demikian wawancara usai. Ucapan lisan semakin lebih baik bila dibarengi ungkapan terima kasih lewat e-mail. 

Dalam e-mail, catat juga kalau kita menunggu pengumuman setelah itu. Itu juga akan tunjukkan kita serius meminati pekerjaan yang lowong, sebagai nilai plus di mata pewawancara.

Komentar